Monday 27 February 2012

When I was a Child

Ingat masa kecil tentunya ingat ada banyak waktu yang kita habiskan untuk main-main dan berpetualang. Kita begitu polos, begitu mudah terpengaruh, begitu mudah percaya banyak hal baik itu kebohongan atau kebenaran.

Ini ada beberapa kebohongan yang gue percaya sewaktu kecil :
  1. ga boleh duduk di atas bantal, katanya ntar bokongnya bisulan
  2. ga boleh nunjuk-nunjuk kuburan, ntar tangannya bercabang. Kalo udah sempat nunjuk, maka satu-satunya penangkalnya adalah gigit jari, biar kutukannya lepas. So, saat ane ga sengaja nunjuk kuburan, dengan cepat gue pasti gigit tu jari biar ga bercabang
  3. kalo makan jeruk, harus hati-hati, jangan sampe bijinya ketelan, ntar bijinya numbuh, daunnya keluar dari mulut, dari idung, dari telinga. Dan dalam bayangan gue saat itu, gue bakalan kayak manusia jeruk  yang jalannya goyang-goyang, trus akarnya menjalar kemana-mana
  4. ga boleh kutuan, ntar diseret kutu-kutunya  ke air panas.



Dulu sewaktu  kecil, ingat ga  kita sering nulis buku diary, ada makes, mikes, cokes, cekes, arkes (makanan kesukaan, minuman kesukaan,  dllJ). Nah tau ga kalo nulis-nulis kayak gitu apa makes gue.. HHmmmm jawabannya adalah Pizza . Padahal sebenarnya dan sejujurnya saat itu gue belum pernah nyicip tu makanan HehEHehehh. Tapi ane punya alasannya.
 Lihat pizza kan paling di TV aja, dari iklan-iklan. Nah gue perhatiin ya, pizza itu rada mirip sama BAKWAN, ada sayur-sayurannya. Saat itu gue bisa simpulkan bakwan campur cabe giling aja uda enak, apalagi pizza yang udah masuk TV. Nah makanya kalo stiap nulis makes , isinya pasti pizza HEHEHhehehhh.
 BAKWAN JAGUNG

Di tempat kami kan ga ada mall tuh, ga ada taman ria. Ya,,,,, pokoknya kalo kita pengen maen harus nyatu dengan alam. Mainnya ke parit, sungai, sawah, hutan hehehehh. Sebenarnya Kalo diingat-ingat  jadi lucu, gue bisa bayangin gue jadi BOCAH Pengembara yang naik gunung turun gunung untuk mencari jati diri. Beberapa kali aku harus berhadapan dengan maut (Wehehheh ga seekstrim itu sih) ketika sedang mencari jati diri bersama bocah-bocah yang lain di hutan belantara.
Jatuh dari ketinggian, terperosok ke jurang (jangan bayangin jurang yang dalamnya berkilo-kilo meter ya. Gak dalam koq paling dua meteran, tapi untuk ukuran anak2 jadilah jurang-jurangan), menerobos semak-semak, nginjak kaca, paku karna cuma  make sandal swallow tipis, mengarungi lautan hohoho (maksudnya paret), lari dari kejaran lebah dan buuuuuaaaaanyak lagi.

Kalo sekitar rumah paling gue main masak-masak, jual pecal-pecalan, main baby2an.
Ada satu hal yang sering gue lakuin juga, tapi yang ini ga boleh diajarin sama anak-anak , bahkan sama orang dewasa sekalipun. Apakah itu? JENG,,,, JENG..... JENG.... main SETRUM-SETRUMAN. Gue paling demen megang2 kabel yang kelupas. Enak aja gitu bisa goyang-goyang  sendiri trus rasanya kayak dikusut . kadang gue ga sadar tangan udah hitam gosong, tapi besok-besoknya masi diulangi lagi.
Kebiasaan buruk lain adalah kulum-kulum duit seratus  logam. Ga sadar tiba-tiba ketelan. Tapi itu gue ga terlalu mikirin, karna besok paginya pasti tu duit uda keluar di toilet walopun ngeluarinnya butuh sedikit pengorbanan hhehehe. Setiap duit yang masuk lubang toilet pasti gue ambil balik, ga peduli kotor segala macam. Karna tu duit dulu sangat berharga, dengan uang seratus aku bisa dapet sepiring mie plus dua gorengan di kantin sekolah HeeHHEHehehh. Sekarang ma kalo anak kecil dikasi jajan seratus, dia pasti berkata TER-LA-LU (*kutipan Mas Rhoma), beli permen aja ga cukup.

Minggu-minggu ini gue lagi renung-renungin itu semua, pengalaman-pengalaman gue di masa kecil. Bagaimana seorang anak itu ga peduli sama hidupnya, sering melakukan hal-hal yang ga disadarinya akan membayakan hidupnya, ga sengaja mencelakakan dirinya. Tapi sekarang kita masih hidup, masi bisa make facebook, masi kuat itu bukan karna sering makan biskuat energy. Itu semua ga lepas dari penyertaan Tuhan yang terus menjagai hidup kita. Kita bisa ada sampe sekarang tentunya karna Tuhan punya rencana. Ada banyak hal yang kita lakukan sewaktu kecil yang diluar  kendali orang tua kita, di luar pengamatan mereka. Mereka ga tau  di alam liar sana kita sering menantang maut. Tapi karna Dia punya rencana indah atas hidup kita, Dia terus selubungi seluruh kehidupan kita. Dia mau kita tumbuh dewasa, Dia mau ajarin kita banyak hal, Dia mau terus bawa kita mengenal-Nya dan menikmati kasih-Nya.

2 comments:

  1. hahahha... bolelah kisahnya...

    tingkatkan ya... seperti bakatmu ada to pembuat novel.. hehhee... KIss dulu hahah kabor........

    ReplyDelete
  2. hahahha... ini hanya bagian dari pengembangan diri bang.

    ReplyDelete