Tuesday 27 March 2012

Dukacita Atas Meninggalnya Pardapotan

Hari ini gw mau cerita tentang kabar dukacita yang menimpa penghuni Blok HC 20. Sebelum saya lanjut, sebaiknya anda siapkan tisue karna cerita ini sangat mengharukan.  

Jumat kemaren ada latihan choir di Palembang, biasanyakan kita latihannya sore , tapi kali ini  pagi, jadi bisa balek ke Layo lagi. Siap latihan, pergi makan siang, belanja bentar dan balek ke Indralaya.


Nyampe kosan ada suara-suara aneh dan gak seperti biasanya suara-suara seperti itu terdengar di blok HC-20. Theo kebetulan lagi di palembang  dan mey lagi tidur siang. Gw letakin semua barang bawaan dan mulai nyari-nyari sumber suara yang tadi. Di dapur gw lihat ada kardus mie sedaap, dan sepertinya suara itu berasal dari itu kardus. Gw chek... wehhh ternyata ada seekor anak anjing imut, kutuan dan korengan lagi nangis-nangis.

Mey bangun dan aku tanya koq itu anjing bisa ada disitu. Dia bilang, Butet, tetangga sebelah, nemu itu anak anjing tadi pagi di depan rumahnya. Mereka ga mau ngerawat jadinya dikasih ke kita.

***

Sorenya Theo balek dari Palembang dan langsung nanya kabarnya si Dapot. Gw bingung si Dapot siapa ya. Setelah dijelasin, ternyata tu anjing namanya si Dapot karna dapat dari tetangga. Biar bataknya lebih terasa jadinya ditambahin awalan dan akhiran. Akhirnya nama lengkap tu anjing menjadi ”Pardapotan” :p

 Tu anjing merengek-rengek terus kayak udah 2 hari gag dikasih makan. So finally, inang pengasuh tu anjing alias buk Theo bela-belain  beliin promina, Susu frisian Flag lengkap dengan dodotnya. Dia ga tahan lihat kondisinya si Dapot yang rewel terus.






***

Aku kan gag setuju kalo tu anjing tinggal di rumah, tapi kalo misalnya dipelihara di luar ya aku fine-fine aja. But,  Theo tetap bersikeras kalo itu anjing harus tetap tinggal di rumah. Katanya kalo malam-malam dia nangis-nangis biar bisa langsung dikasi minum susu dan ga usah repot-repot ke luar lagi. Waduh udah kayak anak bayi aja. Gw sempat gondok juga WehHehEheheh. Aku bilangin  sama Theo:
Aku     : ” Ntar kalo dia merengek-rengek tengah malam, kamu harus bangun ya, trus harus tenangin dia”.
Theo    : ”Okeh..”
Dalam hati aku cuma bisa ketawa-ketawa n salut lihat cinta nya dia sama si Dapot walopun aku belum terima kalo tu anjing harus tidur di dalam rumah.

***

Tengah malam, seperti yang udah aku bayangin sebelumnya, si Dapot mulai rewel. Tidur terganggu pastinya. Theo juga bangun. Dia langsung lihat kondisinya si Dapot en ngasih dia minum susu. Sebenarnya pas ngelihat tu momen, gw udah mau ketawa2. Bayangin coba dia rela tidurnya terganggu cuma buat ngasih susu en nenangin si Dapot.  Sungguh perbuatan yang sangat mulia en sifat keibuan nya mulai terlihat WehEhehehehhh.

***

Pagi-pagi Theo bangunnya cepat karna jam enam mau berangkat ke Palembang. Dia langsung chek kondisinya si Dapot en tiba-tiba dia teriak
Theo    : ” Aduh Fen, si Dapot ninggal !!!!!!##?@%%//”
Aku      : (sambil ngakak-ngakak :D) Serius ?
Theo     : ” iya, ga bernafas lagi ”
Aku      : ” Coba  chek hidungnya”
Theo     : ” ga ada lagi fen, dia udah pergi”
Aku      : (sambil ngakak terus, aku kabari si mey di kamar sebelah) Mey si Dapot udah ninggal
Mey     : Theo, turut berdukacita ya..(sambil ngakak2 juga)
Theo    : ahhh,,, kalian ini.

***

Pagi itu kita nyiapin acara pemakaman. Ga ada peti mati dan terpaksa kita harus pake plastik. Si Theo udah nangis-nangis terus en aku sama Mey hanya bisa ngakak-ngakak lihat peristiwa naas tersebut. Kisahnya begitu singkat, hanya sehari aja Si Dapot udah harus pergi selamanya. Tetangga sebelah juga datang begitu tau kalo Dapotnya udah ninggal en nyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Pardapotan.

Sebelum  di kubur, Theo terpikir mau visum tu anjing. Dia curiga jangan-jangan aku dalang dibalik kematian Pardapotan karna dia tau kalo aku ga suka tu anjing tinggal di rumah. Mey juga  punya pikiran yang sama. Gw langsung sangkal tuduhan tersebut. Sebenci-bencinya gw sama si Dapot Aku ga mungkin ngelakuin hal setega itu Hehehhehee ( sinetron  banget yahhh)

***

Setelah aku yakinin mereka kalo aku itu bukan pelakunya, kami bergegas bungkus si Dapot di dalam plastik karna aroma-aroma yang tidak sedap mulai tercium, mau beli formalin gak sempat lagi. Kami ga nunggu orangtuanya datang soalnya kami gak tau siapa orang tua aslinya. Pardapotan hanyalah seekor anak anjing terlantar yang dipelihara oleh seseorang berhati mulia.

***
Ini foto detik-detik penguburan Pardapotan.


  Theo gak kuasa melepas kepergian Pardapotan dan dia hanya bisa nangis. Melihat kondisi Theo yang sangat kehilangan, Mey dengan ikhlas bersedia jadi pengusung  mayat dan aku jadi sie dokumentasi.  Syal hitam dikepala mey jadi simbol kalo dia juga sangat merasa kehilangan.


Nyampe di lokasi pemakaman, terdengar isak tangis yang semakin kuat. Dengan hitungan satu, dua, tiga, Dapot akhirnya dilempar ke tempat peristirahatan terakhir.

\

Buat anak-anak persada, kalo lewat daerah sini kecium aroma-aroma yang tidak sedap  itu adalah jasatnya Pardapotan. Kami minta maaf yang sebesar-besarnya, karna kami ga punya duit buat beli tanah makam, terpaksa kami harus menempuh jalan yang mungkin merugikan banyak pihak. Tambahan lagi, kalo anda merinding di daerah sini, kami juga minta maaf karna si Dapotnya cuma dilempar begitu saja. Mungkin dia gentayangan karna perlakuan kami yang kurang berkenan Hehehehheheh.

2 comments:

  1. ha....ha...ha...lucu bgt....

    aq sampai terharu...n ketawa2 sampai nangis....

    ReplyDelete
  2. hahaha,. Masash len ada ketawa2 sampe nangis.
    Tapi tenang len, dia udah bisa terima koq kalo si dapot harur prg slamanya wkwk

    ReplyDelete